Monday, February 27, 2017

dapursehat

Terapi Praktis Penyembuhan Penyakit Maag


Terapi Praktis Penyembuhan Penyakit Maag - Terapi penyakit maag dilakukan bagi penderita maag yang ingin sembuh dari penyakitnya. Terapi penyakit maag ini menggunakan bahan - bahan herbal yang mudah kita dapatkan. Selain mudah, bahan - bahan herbal ini pun murah bahkan tak jarang ada di dapur kita.

Sesibuk - sibuknya manusia, harusnya tetap punya waktu untuk istirahat dan menikmati hidup. Kalau anda bergelimang uang, tapi tidak bisa menikmatinya, untuk apa anda kerja keras.

Nah, anda yang terkena sakit maag atau penyakit lambung yang mengganggu kinerja anda, juga punya pertanyaan serupa. Sebenarnya ada nggak sih terapi yang bisa dilakukan dengan nyaman dan aman bagi penderita maag dan tukak lambung ?

Menurut Seorang hembing, seorang pakar herbal ada beberapa cara awal yang bisa dilakukan. Langkah - langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah radang lambung, antara  lain : Konsumsi makanan yang lunak/ lembut. Hindari makanan yang mengiritasi lambung seperti pedas, asam, alkohol, kafein, rokok, dan aspirin. Jangan terlambat makan atau makan berlebihan, makan sedikit - sedikit tapi sering. Usahakan buang air besar secara teratur.

Mengatasi gangguan lambung dengan herbal/ tanaman obat. Obat - obat gangguan lambung yang dijual bebas di warung biasanya bersifat antacid yaitu menurunkan keasaman cairan di lambung dengan cara menaikan pH, sehingga untuk sementara gejala sakit akan hilang. Namun kesembuhan tersebut bersifat sementara karena lambung masih lemah akibat erosi, serta belum seimbangnya produksi kelanjar - kelanjar lambung.

Perlunya evaluasi dahulu apakah memang seseorang yang mengalami sakit maag karena sakit maag fungsional dan dicetuskan oleh factor stres atau karena sebab lain. Makanan dan minuman terutama minuman yang beralkohol merupakan salah satu factor yang juga bisa mencetuskan timbulnya gangguan pada maag seseorang. Selain itu  factor obat - obatan terutama menimbulkan gangguan pada maag sakit bak ini sakit kepala dan sakit sendi juga bisa menimbulkan gangguan pada maag seseorang. Oleh karena itu factor obat - obatan ini juga harus menjadi perhatian.

Beberapa tanaman obat, dapat digunakan untuk mengatasi gangguan lambung ditujukan untuk mengurangi peradangan dan infeksi, memperkuar dinding mukosa lambung dan mengurangi kepekaan dinding lambung, memperbaiki fungsi kelenjar - kelenjar lambung dan pencernaan secara umum.

Bahan - bahan ada di sekitar kita dan mudah di dapat. Anda hanya perlu sedikit ' repot' untuk mengolahnya. Tapi untuk sembuh, anda tidak keberatan repot bukan ?

Hal lain yang perlu diketahui, maag dapat menimbulkan berbagai komplikasi penyakit lain, seperti bronkhitis, pendarahan, dan sakit kepala sebelah (migren). Maag juga bisa menimbulkan komplikasi di daerah tenggorokan berupa ISPA terutama kembalinya isi dan asam lambung ke tenggorokan (repluk). Hal ini bisa merasakan timbulnya penyakit baru berupa penyakit asma.

Terapi sederhana yang penting diperhatikan : Hati - hati penggunaan obat - obatan penghilang rasa nyeri dan jangan dimakan pada saat perut kosong atau disertai obat - obat maag lainnya. Pola hidup yang teratur, makan dan tidur teratur. Banyak olahraga sebab  untuk menguatkan asam lambung.

Hindari makanan yang langsung merusak dinding lambung seperti makanan mengandung cuka, merica dan bumbu - bumbu yang merangsang. Sedangkan makanan baik untuk dikonsumsi bagi penderita sakit maag adalah : tidak merangsang timbulnya asam lambung.

Menurut Dr. Budiana, SpPD, dari Rumah Sakit Umum daerah Atambua, penanganan dispepsia/ sakit maag secara garis besar dengan tanpa obat - dan obat meliputi :

Berikut ini macam - macam terapi praktis penyembuhan penyakit maag yang bisa dilakukan diantaraya :

Terapi Tanpa Obat 
Sekarang dikenal dengan diet lambung: makanan yang mengandung susu dalam porsi kecil, lunak dan mudah dicerna. Menghindari makanan dengan keasaman tinggi atau yang merangsang : coklat, jeruk, kopi, bawang, tomat. Bisa juga dengan mengubah pola hidup: menghentikan obat yang menggerus lambung, menurunkan berat badan dan berhenti merokok.

Terapi Obat
Tergantung keluhan bisa diberikan obat penekan asam lambung dan obat yang menetralkan asam lambung seperti : Antasid, Ranitidin, dll.

Terapi infeksi helicobacter pylori. Apabila dispepsia/ sakit maagnya disebabkan infeksi helicobacter pylori yang dibuktikan dengan pemeriksaan serologi positif, dianjurkan menghilangkan infeksinya dengan obat berbasis penghambat pompa proton.

Terapi Psikologis
Untuk menenangkan jiga pasien dispepsia/ sakit maag bisa juga dengan obat anti cemas. 

Demikian uraian diatas tentang Terapi Praktis Penyembuhan Penyakit Maag. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi anda semua. Selamat mencoba !

Sumber : ahlinyalambung.com

dapursehat

About dapursehat -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :