Thursday, March 9, 2017

dapursehat

Cara Mengatasi Diare dengan Tepat dan Aman

Cara Mengatasi Diare dengan Tepat dan Aman

Cara Mengatasi Diare dengan Tepat dan Aman - Memang, sebagian besar kasus diare akan sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari.

Akan tetapi tujuan dari cara mengatasi diare di sini yaitu dengan membantu mengatasi tanda - tanda dan gejala yang berdampak buruk ( contohnya dehidrasi) sampai diare itu sembuh, berikut caranya :

Berikut cara Mengatasi diare dengan Tepat dan Aman

1. Minum banyak cairan. Cairan yang dimaksud antara lain : air putih, kuah kaldu, kuah sayur bening, jus, atau bisa juga dengan air gula dicampur garam ( LGG = larutan garam). Untuk diare pada anak dapat digunakan oralit yang sudah siap pakai. Hal ini penting untuk mencegah dan mengatasi dehidrasi. Sebagai ukuran jika cairan sudah cukup yaitu ditandai dengan air seni berwarna kuning jernih atau bening. Perlu kita ketahui, Hindarilah minuman yang mengandung kafein dan alkohol karena malah akan meningkatkan pembuangan cairan tubuh.

2. Makanlah makanan yang mudah dicerna, yaitu makanan semi padat dan makanan rendah serat secara bertahap buang air besar kembali normal. Contohnya roti, biskuit, telur, nasi atau ayam.

3. Hindari makanan tertentu, seperti produk susu, makanan berlemak, makanan tinggi serat atau makanan berbumbu tajam serta makanan pedas selama beberapa hari hingga diare teratasi.

4. Minum Obat anti diare. Di apotek atau toko obat banyak sekali obat untuk mengobati diare ( obat diare) apalagi gencarnya iklan mengenai hal ini, seperti yang mengandung loperamide ( imodium) dan bismuth subsalicylate, yang dapat membantu mengurangi pergerakan usus sehingga dapat membantu mengatasi diare. Akan tetapi harus hati - hati menggunakan obat diare ini, karena kondisi  medis tertentu dan infeksi bakteri maupun parasit - dapat diperburuk olehnya.

Hal ini karena obat diare tersebut mencegah tubuh dalam membasmi penyebab diare. Juga, obat  diare ini tidak selalu aman untuk anak - anak. Oleh karena itu sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengambil obat - obat ini atau ketika akan menggunakannya untuk mengobati diare pada anak.

5. Probiotik. Probiotik mengandung strain bakteri yang mirip dengan bakteri sehat yang biasanya ditemukan dalam sitem pencernaan manusia. Probiotik dapat meningkatkan jumlah bakteri sehat untuk melawan bakteri jahat dalam saluran pencernaan. Bakteri yang menguntungkan juga dapat ditemukan dalam yogurt dan keju.

Itulah cara mengatasi diare yang bisa anda lakukan sendiri di rumah, namun apabila diare tak kunjung sembuh sebaiknya berobatlah ke dokter oleh karena itu anda harus tahu kapan seharusnya ke dokter. Dalam mengatasi diare, dokter akan menggunakan obat diare ataupun perawatan lainnya, berikut penjelasannya :

6. Antibiotik. Antibiotik dapat membantu mengobati diare yang disebabkan oleh bakteri atau parasit jahat ( anti parasit). Namun, jika penyebab diare adalah virus, maka antibiotik tidak diperlukan.

6. Cairan,  selama diare akan terjadi pembuangan cairan dan elektrolit ( garam) yang banyak. Oleh karena itu harus diimbangi dengan pemasukan cairan yang cukup seperti cara diatas. Air adalah sesuatu yang baik untuk menggantikan cairan, tapi ia tidak mengandung garam dan elektrolit seperti sodium dan kalium, sedangkan itu dibutuhkan untuk menjaga arus listrik yang menjaga banyak sodium.

Namun apabila cairan oral ( yang diminum) tidak mencukupi atau tidak bisa masuk karena muntah, maka dokter mungkin merekomendasikan untuk memasukan cairan melalui pembuluh darah di lengan ( di infus).

Mengobati penyakit penyebab jika diare disebabkan oleh penyakit atau kondisi yang lebih serius, seperti penyakit radang usus, maka dokter akan bekerja lebih keras mengontrol kondisi tersebut. dan tidak menutup kemungkinan diperlukan rujukan ke dokter spesialis, seperti spesialis pencernaan, yang dapat membantu menyusun rencara perawatan lanjutan.

Demikian uraian di atas tentang Cara Mengatasi Diare Secara Aman dan Tepat. semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi anda semua. terima kasih.

sumber :  medikus.com

dapursehat

About dapursehat -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :