Sunday, January 22, 2017

dapursehat

Cara Menghilangkan Kapalan Pada Telapak Tangan

Cara Menghilangkan Kapalan yang ada di telapak tangan ataupun telapak kaki. Kapalan memang tidak berbahaya, namum seringkali kapalan ini membuat kita kurang percaya diri apalagi ketika berjabat tangan. Pasalnya telapak tangan yang kapalan akan membuat telapak tangan kita terasa kasar sekali.

Sobat pasti pernah mengalami kulit telapak tangan kapalan. Hal tersebut terjadi akibat gesekan yang berulang kali pada kulit sehingga menjadi mengeras dan tebal. Biasanya penebalan terjadi pada telapak tangan, tumit, telapak kaki dan ruas - ruas jari. Bila sering memakai sepatu sempit model boots, bisanya sering membuat mata kaki kapalan. Kapalan di mata kaki, kaki bagian tubuh lain biasanya tidak menjadi masalah. Tetapi akan sangat mengganggu bila kapalan ada di telapak tangan. Terutama ketika bersalaman, maka telapak tangan terasa kasar dan keras. Ada berapa cara untuk menghilangkan kapalan pada telapak tangan dan kaki. Untuk sobat harus tahu sehingga sewaktu - waktu bisa mengatasi dengan tepat dan cepat.
 

Cara Menghilangkan Kapalan

Cara Menghilangkan Kapalan Pada Telapak Tangan 
Jika sobat bermasalah dengan kapalan ini, ada beberapa cara ampuh untuk menghilangkan kapalan. Beberapa cara menghilangkan kapalan tersebut antara lain sebagai berikut :

Rendam dengan Air Hangat
Cara menghilangkan kapalan pada telapak tangan direndam dalam air hangat sekitar 30 menit, kemudian kulit telapak tangan yang kapalan digosok dengan sikat, atau batu apung agar sel - sel kulit mati yang membentuk kapalan terkelupas secara perlahan. Lakukan secara rutin ketika hendak mandi selama dua sampai tingga minggu.

Oleskan Pelembab atau Lotion
Cara menghilangkan kapalan pada telapak tangan lainnya adalah dengan mengoleskan pelembab atau lotion pada kaki dan telapak tangan. Hal ini akan membantu menjaga agar kulit tidak kering dan tidak terjadi kapalan 

Gunakan Krim Khusus Kapalan
Gunakan krim yang bisa mengelupaskan kulit tebal kapalan dan keras seperti salicylic acid. Bahan - bahan tersebut akan membantu mengurangi kapalan sehingga kapalan di tangan dan kaki segera sembuh.






Kapalan Telapak Tangan




Cara Menghilangkan Kapalan Secara Alami

Di samping cara di atas, kapalan di telapak tangan juga bisa disembuhkan dengan cara - cara alami. Yaitu sebagai berikut :

Menggunakan Daun Kamboja
Caranya : Oleskan pada area kapalan getah daun kamboja. Oleskan secara rutin setipa hari agar kulit kapalan perlahan menipis dan menghilang.

Menggunakan Jeruk Sitrun
Caranya : ambil satu buah jeruk sitrun ( lemon), lalu diperas. Air perasan jeruk lemon tersebut dioleskan pada area yang terkena kapalan baik di tangan maupun di kaki. Lalu biarkan selama minimal 30 hari dan lebih dianjurkan dioleskan di malam hari dan dibilas ketika bangun tidur di pagi hari.

Gunakan Kopi
Caranya : ambil sisa bekas kopi, lalu gosokkan pada kulit kapalan baik di kaki maupun di telapak tangan. Setalah itu biarkan kopi yang digosokkan di bagian tangan yang kapalan, setelah itu dibilas dengan air bersih. Lakukan secara teratur dua kali sehari agar kapalan segera hilang. 

Menggunakan Bawang Putih
Caranya : haluskan bawang putih atau bisa juga dengan menumbuk sampai halus, lalu oleskan pada bagian yang terkena kapalan di tangan maupun kaki. Bawang putih juga memiliki manfaat mengelupaskan kulit - kulit kapalan yang keras dan kasar tersebut.

Gunakan Kentang
Caranya : ambil umbi secukupnya. Lalu parut dalam beberapa bagian. Setelah diparut sampai halus maka oleskan pada bagian kapalan di tangan maupun di kaki. Kemudian tutupi dengan kain kasa dan biarkan sekitar 3 - 4 jam sampai benar - benar meresap. Lakukan secara teratur dan sangat dianjurkan ketika hendak tidur agar waktu oleskan lama hingga di pagi hari.

Gunakan Pepaya
Caranya : Ambil satu buah pepaya mentah, lalu haluskan dalam bentuk beberapa potong. Kemudian oleskan pada bagian yang terkena kapalan. Lakukan secara teratur setiap hari agar kulit kasar dan keras kapalan perlahan rontok dan menghilang.

Bila kondisi kapalan semakin parah, terutama semakin keras dan kasar, memerah dan membengkak, terutama bagi penderita diabetes, maka segera ke dokter. Bagi penderita diabetes juga jangan sekali - kali mengiris, memotong atau sejenisnya terhadap kulit kapalan karena sangat berbahaya bila nanti memperburuk aliran darah.

Demikian uraian tentang Cara Menghilangkan Kapalan Pada Telapak Tangan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda semua, dan dapat membantu untuk mengatasi kapalan pada telapak tangan dana. Selamat mencoba.

dapursehat

About dapursehat -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :