Wednesday, February 22, 2017

dapursehat

Menghalau Bau Mulut Tidak Sedap Secara Cepat Dan Mudah

Menghalau Bau Mulut Tidak Sedap - Bau mulut adalah masalah umum yang dialami banyak orang dari segala usia. Di sisi lain bau mulut tidak sedap ternyata juga dapat menjadi indikasi adanya penyakit tertentu.

Meski tampak sederhana, tapi bau mulut yang tidak ditangani dapat membuat orang tidak percaya diri. Tidak jarang, kondisi ini mengganggu personal. Apalagi kondisi ini ternyata bersifat menetap pada sekitar seperempat orang mengalaminya.



menghalau bau mulut tidak sedap


Mendeteksi Penyebab Bau

Bau mulut yang tidak sedap umumnya disebabkan penumpukan bakteri pada gigi, gusi dan lidah. Umumnya, kondisi tersebut muncul ketika terjadi penurunan kadar air liur yang berperan sebagai pembersih bakteri atau kebersihan gigi kurang. Kondisi ini disebut mulut kering atau xerostomia. Selain itu, mulut kering juga dapat disebabkan oleh tarikan napas melalui mulut, bukannya melalui hidung. Merokok, diet, serta konsumsi makanan, minuman atau obat tertentu juga dapat menjadi penyebab bau mulut.

Namun pada kondisi tertentu, bau mulut dapat terjadi karena penyebab lebih serius seperti berikut ini :

  • Masalah gastrointestinal ( perut dan usus) : bau mulut tidak sedap dapat disebabkan oleh penyakit yang berhubung dengan perut dan usus ( gastrointestinal) seperti infeksi H. Pylori ( infeksi bakteri pada usus kecil dan lapisan perut), serta penyakit asam lambung atau GERD di mana asam lambung sering naik ke kerongkongan.
  • Masalah gusi bau mulut tidak sedap yang berlangsung terus menerus juga dapat disebabkan oleh masalah racun yang menimbulkan peradangan pada gusi, suatu kondisi yang jika tidak ditangani akan membahayakan gusi dan tulang rahang.
  •  Penyakit yang mempengaruhi kelanjar air liur seperti sindrom sjogren atau skleroderma. Penyakit ini juga menjadi penyebab mulut kering.
  • Infeksi pada mulut seperti sariawan atau luka setelah pencabutan gigi.
  • Peradangan kronis atau peradangan pada sinus, hidung, atau tenggorokan.
  • Kanker dan gangguan - gangguan metabolisme

Periksakan diri ke dokter jika bau mulut disertai gejala lain yang dapat merujuk pada kondisi - kondisi di atas.


Menghalau Bau Mulut Tidak Sedap

Kabar baiknya, bau napas yang tidak sedap bisa diantisipasi dan dicegah dengan cara - cara sederhana.
Berikut beberapa diantaranya :
  • Sikatlah gigi anda setidaknya pagi dan sore, masing - masing minimal dua menit. Usahakan untuk menyikat seluruh gigi, lidah, langit - langit mulut, dan dengan pasta  gigi berflouride. Jangan lupa ganti sikat gigi anda setiap tiga bulan sekali. Selain itu, berkumurlah dengan cairan antibakteri dan menggunakan benang gigi ( dental floss) untuk menghilangkan sisa - sisa makanan yang tidak terjangkau sikat gigi.
  • Minum cukup air dan kunyah permen karet bebas gula. Aktivitas mengunyah bisa menstimulasi kemunculan air liur yang akan menghindari anda dari mulut kering penyebab bau mulut yang tidak sedap. Minum cukup air secara teratur bisa membuat anda tetap lembap.
  • Hindari konsumsi makanan dan minuman penyebab bau mulut tidak sedap, termasuk kebiasaan merokok.
  • Selain itu, mengonsumsi buah - buahan dan sayuran secara teratur dan mengurangi konsumsi daging, dapat mengurangi resiko bau napas tidak sedap.
  • Periksakan gigi secara teratur, untuk mencegah penyakit - penyakit gigi dan gusi penyedap bau napas.
  • Sebagian orang selalu cemas bahwa mereka memiliki bau napas tidak sedap, padahal sebenarnya sama sekali tidak. Ketakutan semacam ini disebut halitofobia. Pengidap halitofobia terobsesi selalu membersihkan mulut sesering mungkin. Terapi perilaku kognitif dapat membantu menangani paranoid ini.
Demikian uraian di atas tentang Menghalau Bau Mulut Tidak Sedap Secara Cepat dan Mudah. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi anda semua. terima kasih.

dapursehat

About dapursehat -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :