Wednesday, February 22, 2017

dapursehat

9 Gerakan Yoga Untuk Mengatasi Nyeri Di Perut Saat Haid

Mengatasi Nyeri Haid - Jadi cewek itu memang nggak gampang ! Setiap bulannya mereka harus menghadapi yang namanya mensturasi. Mens itu bukan hanya soal keluarnya darah kotor dari dalam organ intim saja, tapi juga sola bagaimana menahan rasa sakit yang kadang tak dimengerti para cowok. Baik itu nyeri, ngilu, kram, perih dan sejenisnya tentu sudah akrab kami rasakan.

Tak jarang kalau sudah menyerah, obat peluruh rasa sakit sering jadi solusinya. Tau sendiri kan efek obat - obatan kimia bagi kesuburan itu bagaimana ? Oleh sebab itu, sebelum kamu mengonsumsi obat pereda nyeri sebaiknya tangani dulu dengan beberapa gerakan yoga sederhana berikut . Dijamin dapat mengatasi nyeri haid yang anda alami.

Cara Mengatasi Nyeri Perut Saat Haid dengan Gerakan Yoga

1. Duduk Bersila
Berbicara mengenai yoga tentu kita akan berpikir tentang ketenangan pikiran dan jiwa dalam diri. Hal ini wajar saja karena memang gerakan - gerakan yoga itu difokuskan untuk menenangkan diri. Salah satunya adalah duduk bersila.

Caranya duduk bersila kemudian letakkan tanganmu pada masing ujung - ujung dengkul. Pose sederhana seperti ini dipercaya dapat melancarkan pernafasan dan meregangkan otot - otot yang kaku. Sehingga tubuhmu pun akan lebih rileks sekaligus nyeri berkurang.



mengatasi nyeri di perut saat haid

2. Seayed Forwand Fold
Ketika sedang haid kadang nyeri muncul di bagian perut bawah kan ?
Nah untuk mengatasi nyeri haid di bagian perut bawah, kamu bisa melakukan pose seated forward fold. Pose ini mirip sekali dengan pemanasan olahraga yang sering kamu lakukan ketika di sekolah.


mengatasi nyeri di perut saat haid

Pertama duduklah dengan kedua tangan dan kakimu diluruskan ke depan. Tunduklah kepala sambil kedua tangan lurus dan berusaha menyentuh jari - jari kaki secara perlahan.

note : sebaiknya jangan paksakan diri dulu bila kamu belum bisa melakukannya dengan sempurna.

3. Gerakan Merengek ( Balasana)
Pose ini sering disebut dengan pose ala anak kecil. Meski sekarang kamu sudah besar, tak ada salahnya menerapkan pose ini. Karena faktanya, gerakan merengek mirip anak kecil ini ampuh meredakan nyeri haid lho.


mengatasi nyeri di perut saat haid

Caranya posisikan tubuh sedang bersujud, lalu bentangkan tangan ke depan hingga menyentuh lantai. Pertahankan posisi tangan tersebut sambil mengambil nafas dengan hitungan sampai 10 kali. Percaya deh, rasa nyeri dan tak nyaman pada tubuh akibat mens akan segera sirna.

4. Pavamuktasana
Sedangkan bagi kamu yang susah kentut, pencernaan kurang lancar, dan nyeri perut cobalah untuk melakukan gerakan yoga pamamuktasana ini.


 mengatasi nyeri di perut saat haid

Baringkan tubuhmu, kemudian tekuk satu atau dua kaki dengan tangan menarik hingga menyentuh bagian dada. Gerakan ini dapat melancarkan sistem pencernaan sekaligus membuat perutmu terasa lebih nyaman.

5. Locust Pose ( tengkurap)
Mungkin kamu juga sering tengkurap ketika nyeri sedang berada di puncaknya. Tapi tahukah, sebenarnya memang ada lho gerakan tengkurap yang ampuh untuk mengatasi nyeri haid. Yup, namanya locust pose.


mengatasi nyeri di perut saat haid


Posisikan tubuhmu tengkurap, lalu tangan diarahkan lurus ke belakang punggung. Jangan lupa mengangkat dada dan kakimu bebarengan sambil menghela nafas. Untuk hasil terbaik lakukan gerakan ini hingga lima kali hela nafas panjang ya.

6. Cat Pose atau Marjaryasana
Dari namanya saja tentu kita sudah tahu bagaimana pose ini nantinya. Sesuai dengan namanya, cat pose merupakan gerakan yoga mirip dengan kucing ketika merangkak.
Gerakan ini juga dikenal dengan nama Marjaryasana.



mengatasi nyeri di perut saat haid

Pose ini dilakukan dengan membengkokan punggung ke atas dan ke bawah mirip seperti kucing. Jangka waktu untuk melakukannya adalah 5 menit atau 10 menit helaan nafas panjang. Selain mengatasi nyeri haid, pose ini juga merileksasi otot punggung dan kaki sehingga akan membuat tubuhmu lebih nyaman.

7. Sikap Lilin
Jika kamu sering merasa nyeri ketika berbaring, mungkin kamu bisa membuat variasi lain dengan sikap lilin. Baringkan tubuhmu sambil mengangkat kaki ke atas lurus sejajar dengan tembok.



mengatasi nyeri di perut saat haid

Jangan lupa angkat pinggulmu agar otot menjadi lebih rileks. Dengan sikap ini akan memperbaiki peredaran darah di tubuhmu sekaligus mengatasi sakit kepala, karena aliran darah menuju ke otak menjadi lebih lancar.

8. Gerakan Jongkok
Dalam yoga gerakan satu ini sering digunakan ketika pose duduk berlangsung. Meski agak sulit, tapi kami bisa membiasakan diri dengan gerakan jongkok biasa dan dilanjutkan dengan memutar bagian tubuh atas secara perlahan.

mengatasi nyeri di perut saat haid

Nah apabila sudah agak lentur, cobalah untuk meletakkan dua tangan di belakang punggung seperti pada gambar. tarik secara perlahan - lahan seperti ketika kamu 'mulet' agar lebih terasa manfaatnya.

Dengan memutar bagian tubuh atas ini, maka dadamu pun akan lebih lapang dan secara otomatis sistem pernafasan menjadi lancar. gampang kan ?

9. Pose Setengah Kayang
Yang terakhir adalah pose setengah kayang.Kesulitan yang biasanya dialami ketika menerapkan gerakan ini adalah keseimbangan tubuh dan beberapa juga yang bahkan mengalami kesakitan saat mendongakkan kepala.



mengatasi nyeri di perut saat haid

Tapi semua itu tak apa asalkan kamu melakukannya dengan hati - hati. Caranya posisikan tubuhmu lurus dengan menekuk kedua kaki. Kemudian secara perlahan posisikan kepalamu mendongak dengan kedua tangan yang menyentuh tumit. Tahan selama 30 - 30 detik agar lebih terasa manfaatnya.
 
Jika dilakukan dengan baik dan rutin maka gerakan ini akan ampuh mengatasi nyeri haid, karena berfokus pada otot yang biasanya kaku saat datang bulan.

PMS memang menjadi cobaan bagi cewek setiap bulannya. Namun dengan melakukan gerakan sederhana diatas, tentu tak ada lagi alasan untuk mengonsumsi obat - obatan bukan ?
Asal kamu lakukan secara perlahan, dijamin tubuhmu akan kembali nyaman untuk menjalani aktivitas.

Demikian uraian di atas tentang 9 Gerakan Yoga untuk Mengatasi Nyeri di Perut Saat haid. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi anda semua. terima kasih.

dapursehat

About dapursehat -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :