Saturday, March 11, 2017

dapursehat

4 Tips Tepat Mengatasi Alergi

4 Tips Tepat Mengatasi Alergi

Tips Mengatasi Alergi Alergi merupakan reaksi tidak normal dari seluruh sistem kekebalan tubuh terhadap yang dianggap asing. Angka kejadian alergi, baik di seluruh dunia maupun indonesia, terus meningkat hingga 30 % setiap tahunnya.

Alergi itu sendiri adalah reaksi sistem kekebalan tubuh terhadap sesuatu yang dianggap berbahaya walaupun sebenarnya tidak berbahaya. Ini bisa berupa substansi  yang masuk atau bersentuhan dengan tubuh.

Seperti apa tanda - tandanya ?Alergi biasanya menimbulkan gejala yang dapat mengenai mata, telinga , hidung, tenggorokan, saluran pernafasan dan pencernaan hingga kulit.

Gejala - gejala yang Muncul Saat Alergi

Ada beberapa gejala alergi yang umum terjadi, antara lain :

  • Bersin - bersin
  • Batuk - batuk
  • Sesak napas
  • Ruma pada kulit
  • Hidung beringun
  • Terjadi pembengkakan dibagian tubuh yang berpapasan dengan alergen, misalnya wajah, mulut dan lidah.
  • Gatal dan merah pada mata
  • Mata merah, berair
  • Sakit perut, muntah - muntah, atau diare

Alergi dapat mengancam anda kapan pun dan dimana pun. Dalam jangka panjang, alergi akan mengurangi kualitas hidup seperti terbatasnya kativitas, produktivitas menurun, sulit konsentrasi, hingga sulit tidur.


Berikut ini kiat untuk Mengatasi Alergi

Mengatasi Alergi di Rumah
Cara terbaik melawan alergi adalah dengan rajin membersihkan rumah. Oleh karena itu cuci semua perlengkapan tidur, gorden dan tirai. Bersihkan juga jendela setiap satu minggu sekali untuk meminimalkan resiko alergi muncuk di tengah keluarga anda.

Mengatasi Alergi pada Makanan
Seseorang yang memiliki riwayat alergi makanan perlu ekstra hati - hati saat makan direstoran atau membeli suatu  produk makanan. Reaksi alergi makanan dicegah dengan mengingat makanan atau bahan makanan yang membuat anda alergi. Pastikan anda selalu memeriksa label produk makanan dengan teliti.

Mengatasi Alergi Obat
Catat obat - obatan yang membuat anda alergi dan seberapa parah reaksinya
Selalu bertitahukan kepada dokter dan tenaga medis lain pbat - obatan yang memicu reksi alergi.

Berolahraga secara teratur
Olahraga akan memperbaiki aliran darah dalam tubuh sehingga alergen lebih mudah dikeluarkan. Selain itu, adrenalin yang dikeluarkan akan mengurangi keluhan alergi seperti hidung tersumbat dan batuk.
Anda dapat terbebas dari alergi asalkan mengenali dan mengetahui faktor penyebab, gejala, dan cara mengatasinya. Ingat, selalu terapkan pola hidup sehat dan bersih.


Demikian uraian diatas tentang Tips Tepat Mengatasi Alergi. semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi anda semua. selamat mencoba !


dapursehat

About dapursehat -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :