Sunday, January 8, 2017

dapursehat

Cara Menghilangkan Kutu Air

Kutu air adalah salah satu penyakit yang disebabkan oleh jamur yang memiliki nama " Tinea Pedis" yang dapat menyebabkan ruam, gatal - gatal, kulit pecah - pecah, melepuh dan menimbulkan rasa nyeri pada kakai. Selain itu kutu air juga dapat menimbulkan bau tidak sedap dan tidak sedikit membuat penderita merasa tidak percaya diri. Untuk itu tidak jarang orang yang mencari cara menghilangkan kutu air tersebut.

Melihat kondisi tersebut tentu sangatlah memprihatinkan, apalagi seperti yang kita tahu penyakit yang disebabkan oleh jamur atau kuman jika tidak ditangani dengan cepat akan membuat kondisinya semakin parah seperti halnya dengan penyakit kutu air. Adapun faktor penyebab kutu air adalah kondisi kulit lembab, pengap dan hangat yang membuat jamur tersebut berkembang biak dan akhirnya menginfeksi kulit. Maka dari itulah kutu air harus segera ditangani dengan cepat, Maka dari itu pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan tentang tata cara menghilangkan kutu air.

Sebelum menjelaskan mengenai cara menghilangkan kutu air, tak ada salhnya untuk mengetahui penyebab dan gejala kutu air.






Penyebab Kutu Air Paling Umum
Umumnya penyebab kutu air adalah jamur. Lingkungan yang lembab dan hangat adalah tempat favorit jamur untuk berkembang biak. Seseorang yang rentan mengalami kutu air adalah seseorang yang memakai sepatu yang lama. Hal tersebut tentunya dapat membuat kulit lembab. Tak hanya itu saja, menggunakan sepatu basah, kaus kaki basah dan sepatu plastik juga dapat menyebabkan infeksi jamur pada kaki.

Gejala Kutu Air
Gejala kutu air juga hampir sama seperti jenis penyakit kulit lainnya, seperti kulit merah dan gatal, rasa panas antara kaki dan telapak kaki, pembengkakan kulit, kulit kering dan bersisik dan adanya cairan atau nanah.   Artikel lain :  Cara Menghilangkan Keloid


Berikut akan dijelaskan mengenai cara menghilangkan kutu air di telapak kaki

Inilah cara mengobati kutu air di telapak kaki

Air Garam
Air garam memang sudah sangat dikenal sekali dengan khasiatnya dalam mengatasi kutu air . Hal ini dikarenakan air garam memiliki kandungan anti bakteri yang sangat tinggi. Selain itu air garam juga memiliki kandungan zat anti jamur dan bakteri. Caranya untuk menghilangkan kutu air adalah cukup dengan mencelupkan kaki yang terkena kutu air ke dalam baskom yang sudah berisi campuran air dengan garam. Lakukan setiap hari sampai kutu air hilang dengan sendirinya.

Minyak Kelapa
Selain menggunakan air garam, minyak kelapa juga sangat efektif sebagai cara menghilangkan kutu air. Caranya cukup oleskan minyak kelapa pada kaki yang terkena kutu air setelah itu diamkan sekitar 10 menit. Lalu anda dapat membilasnya dengan menggunakan  air hangat. Lakukan secara berulang minimal 3 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Daun Sirih
Daun sirih juga memiliki manfaat untuk menghilangkan kutu air di telapak kaki. Caranya cukup dengan menyediakan 10 lembar daun sirih kemudian rebus dengan menggunakan 2 gelas air bersih, setelah mendidih tambahkan dua sendok garam. Lalu diamkan hingga dingin dan gunakan air bersih tersebut untuk mencuci kaki terkena kutu air. 

Air Teh 
Bahan untuk mengatasi kutu air di telapak yang paling mudah untuk di dapatkan adalah air teh. Caranya cukup sediakan satu kantong teh dan campurkan ke dalam 1,2 liter air mendidih. Setelah air sudah dingin anda bisa gunakan air tersebut untuk merendam kaki yang terkena kutu air selam kurang lebih 15 menit. Lakukan cara ini setiap hari minimal 2 kali, hali ini dapat mempercepat proses penyembuhan kutu air di telapak kaki anda.

Cuka Apel
Cara Menghilangkan kutu air berikutnya adalah dengan menggunakan cuka apel. Cuka sari apel sudah dipercaya dapat digunakan untuk menjaga kesehatan. Salah satunya yaitu cuka apel sangat ampuh untuk membentuk mengatur pH kulit. Seperti yang kita ketahui, jamur pada kaki menyebabkan pH kulit menyimpang dari batas normal. Cara mengobati kutu air dengan perbandingan satu banding satu. Kemudian rendam kaki yang terkenal kutu air dalam larutan tersebut selama 20 hingga 30 menit. 

Minyak Pohon Teh
Selanjutnya adalah dengan menggunakan minyak pohon teh. Anda bisa membeli minyak pohon teh ini di apotek ataupun toko herbal. Minyak pohon teh dipercaya sebagai salah satu Cara Menghilangkan Kutu Air. Caranya pun sangat  mudah, yaitu oleskan minyak herbal ini bagian kulit yang mengalami infeksi. Gunakan secara rutin untuk mempercepat penyembuhan.


Cara Mencegah Kutu Air Datang Lagi
Cara mencegah kutu air tidak kambuh ataupun cara mencegah tertular penyakit kulit ini pun sangat mudah, yaitu :
  • Menggunakan kaus kaki tipis, dan pastikan anda sering mencuci dan menggantinya. Hal ini berguna agar kaki tetap bersih dan kering.
  • Cuci kaki secara menyeluruh dengan menggunakan air hingga bersih dan keringkan
  • Gunakan sandal jepit atau alas kaki berongga
Demikian uraian tentang Cara Menghilangkan Kutu Air, semoga uraian ini dapat bermanfaat bagi anda semua yang mengalami penyakit kutu air. Selamat mencoba. Terima kasih.

Baca juga :Cara Menghilangkan Bekas Luka bakar

dapursehat

About dapursehat -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :