Thursday, March 16, 2017

dapursehat

Jaga Kesehatan Anda dengan 3 Aturan Waktu Makan ini

Menjaga Kesehatan dengan Aturan Waktu Makan

Menjaga Kesehatan dengan Aturan Waktu Makan - Agar dapat bertahan hidup manusia harus bisa memenuhi kebutuhan hidupnya, salah satu kebutuhan pokok tersebut adalah makan. Tetapi, tak hanya sekedar makan yang harus dilakukan, agar tubuh tetap dan keadaan yang sehat dan bugar ada beberapa aturan makan yang harus dilakukan.

Aturan makan tersebut digunakan agar tubuh dapat mencerna makanan dengan baik dan proses perubahan dari makanan menjadi energi di dalam tubuh bisa berlangsung dengan baik pula.

Seperti yang diketahui bahwa sumber energi dalam tubuh manusia, didapatkan dari sumber makanan. Maka dari itu makan menjadi hal penting yang harus dilakukan setiap harinya. Jika makan secara tidak teratur dan tidak tepat waktu  bisa memicu munculya beberapa penyakit, misalnya penyakit Maag, Obesitas sampai Penyakit Jantung. Selain itu apabila tubuh kekurangan asupan makanan, tubuh akan terasa lemas dan kurang  fit sehingga aktivitas anda tentu akan terganggu.



Menjaga Kesehatan dengan Mengatus Waktu Makan

Dibawah ini merupakan aturan makan yang bisa anda gunakan, seperti berikut ini :

1. Sarapan pagi.
Salah satu yang wajib dilakukan setiap harinya adalah sarapan. Sarapan sebaiknya tidak anda lewatkan setiap harinya. Berbagai penelitian telah menunjukan bahwa ketika melewatkan sarapan bisa memicu obesitas, diabetes tipe 2 hingga penyakit jantung. Makanan yang sebaiknya dikonsumsi ketika sarapan yaitu makanan yang mengandung protein dan juga serat. Protein dan serat memiliki sifat mampu membuat tubuh terasa lebih kenyang selain itu memberikan energi pada tubuh hingga siang hari.

2. Makan Siang
Waktu makan siang juga harus diperhatikan dengan baik, karena jika terlambat makan siang dan sering melakukannya terlalu sore resiko seseorang terkena penyakit maag meningkat. Jadi makan siang tepat waktu juga penting untuk menjaga tubuh agar tetap sehat. Di beberapa negara di Eropa makan siang berbeda dengan sarapan atau makan malam karena porsi yang dikonsumsi lebih besar dibandingkan yang lain. Ini dikarenakan tubuh masih harus melakukan aktivitas hingga sore dan bisa mendapatkan energi yang cukup.

3. Makan Malam
Malam hari menjadi waktu yang dimanfaatkan sebagian besar orang untuk istirahat, sehingga untuk makan malam sebaiknya porsi makan tidak terlalu banyak. Bagi anda yang memiliki kebiasaan mengemil sebelum tidur sebaiknya dihindari. Setelah makan malam jangan langsung berbaring di tempat tidur, sebaiknya bari jarak sekitar dua hingga tiga jam. Jenis makanan yang sebaiknya dikonsumsi ketika makan malam yaitu makanan ringan dan juga mudah dicerna tubuh, sebaiknya tidak memilih makanan yang mengandung serat dan juga protein karena makanan yang mengandung serat dan protein lebih lama dicerna oleh tubuh.

Nah, dengan menjaga aturan makanan setiap harinya diharapkan tubuh menjadi lebih terjaga kesehatannya. Dengan asupan makanan yang cukup dengna memenuhi gizi seimbang dan makan secukupnya( tidak berlebihan ) anda bisa mendapatkan energi yang cukup untuk beraktivitas setiap harinya. Ngemil juga bukanlah masalah, jika cemilan yang digunakan merupakan makanan sehat seperti buah - buahan atau makanan lainnya yang dapat menyehatkan tubuh.


Demikian uraian di atas tentang Jaga Kesehatan dengan aturan 3 Waktu Makan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi anda semua. Selamat mencoba !

sumber : Hariansehat

dapursehat

About dapursehat -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :